Tuesday 7 November 2017

Gyudon

Tags


Gyudon
Oleh @cookingwithsheila

Gyudon adalah masakan Jepang favorit keluarga saya. Isinya adalah irisan daging sapi tipis yang dimasak dalam saus. Membuatnya sangatlah mudah dan cepat, tidak sampai 15 menitpun sudah jadi. Rahasia dari menu ini tentunya adalah kualitas daging yang kita pakai. Saat memasaknya, jangan merebus daging dalam saus terlalu lama karena daging yang kematangan cenderung teksturnya lebih keras.



Bahan:

500 gram daging sukiyaki atau has dalam yang saya iris tipis sendiri
1 buah bawang bombay, iris tipis memanjang
Optional: 150 gram Bihun Jagung atau Korean Vermicelli, Cellophane (bihun yang biasa dipakai untuk masakan Korea Japchae), rebus dalam air mendidih hingga matang dan sisihkan
1 batang daun bawang, iris tipis
Garam secukupnya

Bahan Pelengkap:
Nasi Putih
Acar jahe Jepang (warnanya merah, biasa banyak disajikan di restoran jepang)
Cabai bubuk (Nanami Togarashi)

Bumbu Light Teriyaki:
125 mL Light Soy Sauce (Kecap Asin yang light-tidak terlalu kental)
100 mL Mirin (Banyak digunakan dalam masakan Jepang)
100 mL Sake ( Saya menggantinya dengan Shaoxing wine)
2 sdm gula pasir

Cara Membuat: – Pertama saya membuat saus nya dengan memasaknya di atas api kecil hingga gula larut. Sisihkan (Untuk 500 gram daging, saya hanya akan menggunakan 200 mL bumbu teriyaki. Jadi sisanya bisa dimasukkan ke dalam botol kosong dan simpan dalam lemari es)
– Dalam teflon, tuang 200 mL bumbu teriyaki bersama 100 mL air dan didihkan.
– Masukkan irisan bawang bombay dan masak 1-2 menit.
– Tambahkan daging dan masak hingga berubah warna.
– Masukkan bihun dan aduk-aduk.
– Masak hingga kuah hampir asat atau mengental. Rasakan dan tambahkan garam bila kurang asin.
– Tuang ke atas nasi dan sajikan segera dengan taburan daun bawang, acar jahe dan bubuk cabai.

Untuk 4-5 porsi

Catatan: Saya kerapkali memasaknya porsi demi porsi dan tidak sekaligus menjadi satu karena entah mengapa rasanya lebih enak


EmoticonEmoticon