Thursday 27 December 2018

Empal Gepuk

Tags

Empal Gepuk

Empal Gepuk
from reystafauzia

Modelnya keliatan kayak kurang dipukul ini ya, aslinya udah dipukul-pukulin nih pake tenaga sampe pipih, tp kekeuh keliatan kayak masih kokoh, padahal teksturnya mah udah empuk bgt maak, apa mungkin karna aku salah milih daging kali yaaak, di sini kalo beli daging gak pernah pake bilang minta bagian ini atau bagian itu, selalu dikasih yg bebarangan sama yg jual
Tp biar gitu bentuknya rasanya enak banget, aku jadi keingat 9 tahun yg lalu pernah makan empal gepuk di Bandung rasanya mirip begini, enaknya jg begini, berasa kyk nostalgia
Oiya ini serundengnya aku masak bareng empalnya ya, diresep aku gak tulis, soalnya lupa foto kelapa parutnya distep ?? pas airnya udh mau surut, angkat kelapa parutnya trus diperas disaringan, habis itu disangrai sampe kering & jadilah serundeng
Resepnya ini lagi-lagi aku pake punyanya ci xanderskitchen yaaa, kalo masalah resep gak pernah diraguin selalu enak jadinya kalo make punyanya ci Jun
thank you for recipe ci, aku ijin share ulang yaaa

EMPAL GEPUK
Bahan:

- 750 gr daging (sengkel, paha)
- 3 lbr daun salam
- 2 btg serai, geprek
- 1500 ml santan sedang
- 2 sdm air asam jawa
- Gula merah, sisir secukupnya
- Garam
- Gula

Bumbu halus:

- 12 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 4 btr kemiri
- Sejempol lengkuas
- 2 sdm ketumbar
- ? sdt merica

Caranya:

1. Cuci bersih daging, tidak usah dipotong-potong.
2. Di dalam wajan masukkan santan, daging, bumbu halus, serai, daun salam, air asam, gula merah, garam dan gula.
3. Masak daging hingga mendidih, jika sudah mendidih, kecilkan api.
4. Masak daging hingga empuk dan dan kuah menyusut. Koreksi rasa.
5. Angkat daging, lalu potong dan pukul-pukul sampai agak pipih.
6. Lalu kembalikan daging ke dalam wajan, asak dgn sisa bumbu hingga daging benar-benar empuk. Angkat.
7. Goreng empal sebentar ke dalam minyak panas sebelum disajikan.


EmoticonEmoticon