Sunday 9 September 2018

Peyek Rebon

Tags

Peyek Rebon
Peyek Rebon
Oleh dianayupuspitasari

Dulu awalnya saya juga gitu, tiap kali bikin peyek tengahnya lembek 😞. Tapi yang namanya cooking dan baking, emang kudu sabar. Jangan pantang mundur. Walaupun saya juga kalau gagal bawaanya pingin makan orang masak merah 😂. Tapi coba lagi dan lagi, lama-lama juga tau nanti letak kurangnya dimana.
Ada banyak metode bikin peyek. Kebetulan bude nya pak suami itu dagang peyek plastikan, laris dan emang enak. Uda pasti dong ya, saya ga mau rugi harus curi resep nya 😂. Akhirnya nyoba sekali kok berhasil.
Bikin yang bulet-bulet begini adalah yang paling anti gagal daripada digoreng langsung di pinggiran wajan. Cuma ya gitu, harus sabar sesabar sabarnya orang sabar deh pokoknya 😄 soalnya lama. Kecuali bikin nya pake cetakan peyek yang mirip cetakan bakwan itu ya. Tapi saya ga punya jadi manual aja. Untuk video nya nanti saya share, semoga membantu ☺️ oiya untuk isian nya bebas ya, mau teri, kacang, udang kecil, rebon, ebi atau lainnya. Kali ini saya pakai takaran sendok makan dan bukan gram, takutnya ga semua orang punya timbangan kayak beberapa DM waktu itu 😆 jadi dikira-kira saja. Pesan bude saya kalau tepung berasnya lebih banyak jadinya tebel kokoh renyah tapi kalah tepung tapioka nya lebih banyak jadinya renyah tapi lebih mudah rapuh.

•Peyek Rebon Bulat•

Bahan Bahan :
1. 12 sdm tepung beras.
2. 4 sdm tepung tapioka.
3. 6 sdm udang rebon.
4. 1 butir telur, kocok.
5. 500 ml air.
6. 1 sachet santan instan ukuran kecil (saya skip karna stok nya lagi kosong di rumah 😁).
7. 8 lembar daun jeruk, iris tipis.
8. 4 siung bawang putih, haluskan.
9. 6 buah cabe rawit, haluskan.
10.2 ruas kunyit, haluskan.
11.1 sdt ketumbar bubuk.
12.1 sdt garam.

Cara :
1. Siapkan dua buah wajan. Satu berisi minyak penuh. Satu teflon kecil diameter 8 cm.
2. Campur semua bahan peyek dalam wadah. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan encer.
3. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang ke dalam teflon kecil tanpa diberi minyak, seperti mendadar kulit lumpia. Jika sudah terlepas dari teflon, pindahkan ke wajan yang berisi minyak. Goreng dengan api sedang hingga kering


EmoticonEmoticon